Contoh Paragraf Generalisasi


Pada kesempatan ini admin akan share sebuah contoh paragraf generalisasi buat kalian yang membutuhkan. Contoh paragraf generalisasi adalah penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data. Jumlah data atau peristiwa khusus yang dikemukakan harus cukup dan dapat mewakilin. Berbeda dengan contoh paragraf deduktif dan contoh paragraf argumentasi dimana kedua contoh paragraf tersebut sebuah kalimat utama di awal paragraf dan paragraf yang di dalamnya berisi tentang ide, pendapat, dan gagasan sang penulis. Untuk memperkuat ide dan gagasannya. dan berikut ini adalah beberapa contoh paragraf generalisasi yang bisa kalian ketahui.

Contoh Paragraf Generalisasi

Contoh Paragraf Generalisasi
============================

Contoh :


Pemerintah telah menjadikan Pulau Komodo sebagai habitat pelestarian komodo. Di Ujung Kulon, pemerintah mebuat cagar alam untuk pelestarian badak bercula satu. Selain itu, sejumlah Undang-Undang dibuat untuk melindungi hewan langka dari incaran pemburu. Banyak cara yang telah dilakukan pemerintah untuk melestarikan hewan-hewan langka.

Setelah karangan anak-anak kelas 6 diperiksa, ternyata Iman, Selamet, Enal, dan Deri mendapat nilai 90. Anak-anak yang lain mendapat 75. Hanya Toni yang mendapatkan nilai 60 , dan tidak seorang pun mendapat nilai kurang dari 60. Bisa dikatakan, anak kelas 6 cukup pandai mengarang.

Analogi adalah penalaran induktif dengan membandingkan dua hal yang banyak persamaannya. Berdasarkan persamaan kedua hal tersebut, Anda dapat menarik kesimpulan.

Contoh :

Para atlet memiliki latihan fisik yang keras guna membentuk otot-otot yang kuat dan lentur. Demikian juga dengan tentara, mereka memerlukan fisik yang kuat untuk melindungi masyarakat. Keduanya juga membutuhkan mental yang teguh untuk bertanding ataupun melawan musuh-musuh di lapangan. Oleh karena itu, untuk menjadi atlet dan tentara harus memiliki fisik dan mental yang kuat.

Demikian pula dengan manusia yang tidak berilmu dan tidak berperasaan, ia akan sombong dan garang. Oleh karena itu, kita sebagai manusia apabila diberi kepandaian dan kelebihan, bersikaplah seperti padi yang selalu merunduk.

Paragraf hubungan sebab akibat (hubungan kausal) adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan fakta khusus yang menjadi sebab, dan sampai pada simpulan yang menjadi akibat.

Contoh : 

Kemarau tahun ini cukup panjang. Sebelumnya, pohon-pohon di hutan sebagi penyerap air banyak yang ditebang. Di samping itu, irigasi di desa ini tidak lancar. Ditambah lagi dengan harga pupuk yang semakin mahal dan kurangnya pengetahuan para petani dalam menggarap lahan pertaniannya. Oleh karena itu, tidak mengherankan panen di desa ini selalu gagal.

Comments :

3 komentar to “Contoh Paragraf Generalisasi”

tommysyatriadi mengatakan... on 

misi gan yang diatas itu bukan semua merupakan paragraf gengeralisasi ya ada yang analogi dan kausalitas sebeb akibat

Tommy Syatriadi mengatakan... on 

maksud saya generalisasi

TenOne mengatakan... on 

Hidup pOeTikZxs

Poskan Komentar

Advertiser

Informasi Terbaru

Alexa

 
Contoh Paragraf Generalisasi - Informasi Terbaru
Blogger Template by Blogger Mbojo Share In Premium Wordpress Themes and Blogger Template|Support Informasi Terbaru-Kata Kata Galau-Kabar Terbaru-Kata Kata Penyesalan | Host In Blogger.com

Top  blogs Top Personal blogs